Blog Info Peluang Usaha

Sunday, July 30, 2017

Cara Dapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang di Bank

Modal usaha memang menjadi salah satu masalah klasik yang sering menghantui seseorang yang hendak membuka sebuah usaha baru. Ketiadaan modal menjadi sebab kenapa usaha yang mereka lakukan tidak bisa berjalan dengan lancar dan bahkan terhenti di tengah jalan. Kondisi ini tentu saja membuat kita miris dan bahkan merasa kapok untuk memulai usaha lagi seiring kegagalan yang terjadi.
Biasanya, kekurangan modal akan diselesaikan dengan pinjaman di bank. Bank memang menyediakan fasilitas hutang modal bagi pengusaha yang ingin membangun usahanya. Namun, adanya bunga bank yang ribawi membuat seseorang terkadang berpikir berkali-kali untuk meminjam uang di bank.
Tidak hanya pinjaman yang bertambah nilainya tetapi kesadaran akan perintah agama yang mengharamkan riba juga menjadi pertimbangan. Untuk itu, berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal tanpa meminjam uang di bank.

Tips Dapatkan Modal Usaha Sendiri

Manfaatkan Tabungan
Salah satu cara yang paling aman untuk mendapatkan modal untuk membuka usaha yang baru adalah dengan menggunakan tabungan sendiri. Hukum dari tabungan sendiri ini jelas karena anda berhak untuk menggunakannya semau anda. Selain itu, anda juga tidak akan memiliki resiko ketika modal tersebut habis karena anda tidak perlu untuk mengembalikannya.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan tabungan yang cukup untuk membuka usaha yang baru, anda tentu harus mengubah gaya hidup anda. Dalam hal ini, anda harus sedini mungkin membiasakan diri untuk menabung. Siapkanlah kaleng tabungan di rumah anda dan buatlah komitmen yang kuat untuk menabung. Anda bisa memulai dengan menabungkan setiap kembalian saat anda membeli sesuatu. Tanpa disadari, uang tabungan anda akan semakin bertambah dan bisa menjadi modal usaha dikemudian hari.

Menjual Aset yang Tidak Diperlukan
Seringkali, kita tidak sadar bahwa kita memiliki banyak aset di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk tambahan modal. Ya, benda-benda yang berada di rumah dan tidak terpakai seharusnya bisa menjadi tambahan modal yang mencukupi untuk anda. Benda-benda seperti TV bekas, radio bekas, sepeda bekas, bahkan kaleng dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan untuk menambah modal membuka usaha.

Hanya saja, selain tidak menyadari adanya beberapa benda tersebut, kita seringkali merasa sayang untuk menjualnya meskipun benda tersebut tidak digunakan lagi. Oleh karena itu, sebaiknya kini anda mencoba mencari beberapa benda yang tidak terpakai di rumah anda dan menjualnya untuk mendapatkan tambahan modal terkait usaha yang hendak anda jalani.

Memulai Usaha Dropship
Cara lain yang bisa membantu anda untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus hutang di bank adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Ya, dewasa ini, dropshipper sering menjadi salah satu pilihan alternative bagi seseorang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Dropshipper ini menarik karena anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjalankan usaha anda.

Menjadi dropshipper hanya bermodalkan foto produk yang anda dapatkan dari produsen maupun dari agen. Oleh karena itu, anda bisa menjadi seorang dropshipper terlebih dahulu sebelum nanti membuka usaha anda yang baru dengan modal yang anda dapatkan dari sana. Menjadi dropshipper juga akan memberikan manfaat yang lain, seperti meningkatkan skill marketing anda dan mencari pasar untuk usaha anda yang baru.


Beberapa ide di atas dapat anda manfaatkan sebagai salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan modal usaha tanpa melibatkan hutang bank yang semakin lama tentu semakin memberatkan. Pilih salah satu ide tersebut dan kumpulkan modal demi usaha anda yang baru.

No comments:

Post a Comment